Sosialisasi Permendagri No.43 th 2009 ttg pedoman Penganut aliran Kepercayaan

| |



 Penghayat kepercayaan merupakan salah satu modal sosial dan bukan agama tetapi kebudayaan yang lahir dan tumbuh dari leluhur bangsa Indonesia. Penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa selanjutnya disebut penghayat kepercayaan adalah setiap orang yang mengakui dan meyakini nilai-nilai penghayatan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.  Pada umumnya masyarakat belum banyak memahami penghayat sehingga banyak terjadi kesalahpahaman/penafsiran yang memicu terjadinya konflik. Oleh karena itu sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepda penghayat kepercayaan dan sebagai bentuk komitmen dari pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk memberikan pelayanan dan perlindungan aktivitas masyarakat penghayat kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa untuk membawa kemajuan dan peradapan bangsa yang lebih baik dan sejahtera maka hari Selasa 4 September 2012 bertempat di gedung Amerta Graha Cadika diselenggarakan sosialisasi peraturan bersama menteri dalam negeri dan menteri kebudayaan no. 43 tahun 2009 dan no. 41 tahun 2009 tentang pedoman pelayanan terhadap penganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kabupaten Ponorogo.
Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Ponorogo H. Amin, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, Kepala SKPD/Dinas serta Ketua Himpunan Penganut Kepercayaan Provinsi Jawa Timur Ir. Hadi Prajoko, SH,MH.  Kepala Dinas Kebudayaan Periwisata pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo drh. Sapto Djatmiko dalam laporannya menyatakan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan rutin Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo guna langkah strategis tradisi kepercayaan yang mana di Kabupaten Ponorogo jumlah penganut berjumlah 23.750 orang selain itu untuk meningkatkan kerukunan antar penganut penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.  
Bupati Ponorogo H. Amin,SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat penganut kepercayaan yang telah mau memelihara ketentraman dan ketertiban serta menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya antara penghayat kepercayaan dengan masyarakat. Pemerintah daerah berupaya untuk mengkoordinasikan kegiatan instansi vertikal dan perangkat daerah dalam pemeliharaan kerukunan antara penghayat kepercayaan dan masyarakat.



Share/Bookmark
Diposting oleh Humas Pemkab Ponorogo on 23.25. kategori , , , . Update berita dapat disimak melalui RSS 2.0.

baca juga :



0 komentar for "Sosialisasi Permendagri No.43 th 2009 ttg pedoman Penganut aliran Kepercayaan"

Leave a reply